Halaman Dpan



Terjemahan:

Català
中文 / Zhōngwén
English
Español
Euskara
Français
Ελληνικά / Elliniká
Italiano
Português
Romãnã

                                        

Halaman lain:

Modul

Peta Situs

kata kunci

Kontak

Dokumen yg berguna

link berguna


THIS PAGE HAS BEEN MOVED
If you are not redirected to its new location in a few seconds, please click here
DON'T FORGET TO UPDATE YOUR BOOKMARKS!

PHIL BARTLE

Perancang Web, Penulis, Pendidik, Trainer, Penyunting

oleh Phil Bartle, PhD

diterjemahkan oleh Eri Kurniawan


Phil Bartle adalah perancang situs pemberdayaan masyarakat ini. Sudah pensiun, bisa dihubungi lewat email untuk membahas hal-hal yang di dalam situs ini. Beliau adalah Profesor Sosiologi, yang merupakan Ketua Penasehat Teknis Program Manajemen Masyarakat tahun 1994-1998. Pada periode itulah situs ini dirancang.


Phil Bartle at UN HQ Gigiri Nairobi

Phil Bartle adalah perancang situs pemberdayaan masyarakat ini. Sudah pensiun, bisa dihubungi lewat email untuk membahas hal-hal yang di dalam situs ini. Beliau adalah Profesor Sosiologi, yang merupakan Ketua Penasehat Teknis Program Manajemen Masyarakat tahun 1994-1998. Pada periode itulah situs ini dirancang.


Phil Bartle di Markas Besar PBB di Gigiri Nairobi

Di bawah ini adalah gambar Dr Phil karya Julianna Kuruhiira pada suatu sesi latihan bagi para penggerak, manajer, dan koordinator senior masyarakat pada sebuah seminar pasca sarjana di Universitas Makarene, Kampala.



Era enam puluhan ini terjadi banyak revolusi anak muda, bahkan lebih dikenal dengan hippi. Periode tersebut juga membidani pergerakan-pergerakan damai. Banyak pemuda dari Kanada berangkat ke negara-negara miskin untuk membantu negara-negara tersebut meraih kebebasan dan kemerdekaan.

Cuso didirikan pada tahun 1961 (kami bangga karena usianya enam minggu lebih tua dibandingkan usia Korps Perdamaian). Saya salah satu orang idealis tersebut, cukup bijak untuk bisa memahami bahwa kita tidak bisa membuat perubahan besar namun kita bisa belajar dan berkontribusi.

Saya ingin menemukan manfaat praktis dari pelatihan yang saya peroleh dalam bidang ekonomi, sosiologi dan antropologi. Setelah dua tahun di Ghana, saya tinggal satu tahun dengan masyarakat miskin di berbagai negara di Afrika dan Asia. Setelah merasa terpanggil, saya membaktikan hidup saya pada pembangunan, sambil tetap menjaga hubungan dengan kampus, dan mempertahankan kecintaan saya pada pengajaran dan anak didik Sekalipun teori dan ideologi dihindari dalam materi pelatihan ini, saya menyadari bahwa pendekatan saya dipengaruhi oleh tulisan-tulisannya Paulo Freire, Ivan Illich dan Franz Fanon.

Saya menyelesaikan S3 di Ghana, bersama guru-guru Afrika dan konsentrasi Afrika, dengan spesialisasi pada Obo, sebuah kota kecil di lereng gunung kwanu di dalam kawasan hutan hujan.


Phil Bartle dengan Annita Foley, 1974

Saya mempelajari bahwa banyak dari bantuan kami yang menyebabkan kemiskinan, membuat penerima bantuan begitu tergantung pada materi pelatihan, dan mendorong pemerintah menjadi korup. Bersama kawan-kawan yang sepemikiran, saya membantu membuat sebuah "Metodologi Pemberdayaan" sebagai alternatif sumbangsih, yang didasarkan pada gagasan bahwa perjuangan menghasilkan kekuatan. (Seorang atlit tidak akan menjadi kuat apabila pelatihnya yang melakukan latihan).

Karena usia saya sudah enam puluhan, dan kesehatan saya menghambat kerja saya di luar negeri, saya mengalihkan pengalaman saya ke dalam tulisan bagi para pekerja sosial. Saya menyajikannya di dalam situs gratis ini sehingga mereka dapat mencetak materi untuk keperluan pelatihan dan penataran. Materi sudah bertambah menjadi empat ribu dokumen dalam beragam topik. 20.000 halaman dibaca per harinya atau sekitar setengah juta per bulannya.


Phil Bartle dengan Roberto Cancel, 2007

Beberapa halaman diterjemahkan ke dalam lebih dari enam puluh bahasa oleh para sukarelawan. Bersama dengan semua sukarelawan ini (lebih dari seribu orang telah berkontribusi pada situs ini), kami telah menciptakan sebuah masyarakat nirlaba yang sudah terdafar di Pemerintahan British Columbia di sebuah pulau Pasifik di pesisir pantai barat Kanada. Sejumlah kontributor tamu pun sudah menambahkan materi pelatihan. Sebuah modul literasi dipersembahkan untuk mengenang Peter Gzoski sebuah modul manajemen partisipatif dipersembahkan bagi Dr. Gert Ludeking dari PBB, sementara sebuah dokumen tentang AIDS dipersembahkan bagi Stephen Lewis.  Saya merasa terhormat menerima ratusan email dari seluruh dunia dan diskusi yang selama ini berlangsung. Belakangan, saya merasa bahagia melihat begitu banyak orang yang menyumbangkan waktu, tenaga, dan keterampilannya pada situs ini. Sangat mengharukan menyaksikan bahwa sifat untuk mementingkan kepentingan orang lain belumlah mati.

Phil Bartle
––»«––

See: Profile on WikiEducator


Bila anda menyalin dari situs ini, harap menuliskan nama penulis.
dan kaitkan kembali pada www.scn.org/cmp/

 Mengikuti jejak yang paling tidak bisa bertahan membuat semua sungai dan
beberapa orang menjadi tidak lurus


© Copyright 1967, 1987, 2007 Phil Bartle
Design Web oleh Lourdes Sada
––»«––
Update terakhir: 2010.09.14


 Halaman Dpan